Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Coffee Shop Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)
Keywords:
Quality Function Deployment, Coffee Shop, Kepuasan Pelanggan, House of QualityAbstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen untuk tiga merek kedai kopi (Kopi Kenangan, Tomoro Coffee, dan Fore Coffee) di Surabaya dengan menggunakan pendekatan Quality Function Deployment (QFD), instrumen penelitian yang sangat efektif. Temuan dari kuesioner sistematis yang diberikan kepada mahasiswa dan masyarakat umum menunjukkan bahwa kebutuhan utama pelanggan adalah efektivitas biaya, kemudahan pemesanan digital, dan lokasi yang optimal. Suara konsumen (WHATs) diubah menjadi respons teknis (HOWs) dengan menggunakan kerangka House of Quality. Hasilnya menunjukkan bahwa setiap merek memiliki keunggulan yang berbeda: Kopi Kenangan mengkhususkan diri dalam pemesanan digital dan konsistensi rasa; Tomoro Coffee lebih disukai karena keterjangkauan dan aksesibilitasnya; dan Fore Coffee unggul dalam suasana dan citra mewah. Studi ini menggarisbawahi pentingnya QFD sebagai instrumen perencanaan kualitas sistematis dan menganjurkan peningkatan khusus untuk setiap merek berdasarkan tujuan yang ditetapkan.