Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Actual Usage  Pada Penggunaan Learning Management System (LMS)

Penulis

  • Farizi Rachman Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Penulis
  • Danis Maulana Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Penulis
  • Ika Erawati Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Penulis
  • M. Lukman Arief Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Penulis
  • Achmad Nur Cholis Politeknik Perkapalan negeri surabaya Penulis
  • Dimas Eka Saputra Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Penulis

Kata Kunci:

LMS, Technology Acceptance Model, Regresi Linear

Abstrak

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) merupakan institusi vokasi yang menerapkan pendekatan teaching factory dan link and match dalam proses pembelajarannya. Untuk mendukung pembelajaran digital, PPNS menggunakan sistem Learning Management System (LMS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan LMS oleh mahasiswa, berdasarkan kerangka Technology Acceptance Model (TAM). Dua konstruk utama yang dianalisis adalah Perceived Ease of Use (PEU) dan Perceived Usefulness (PU), dengan variabel dependen Actual Use (AU). Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan data dari 384 responden. Hasil uji F menunjukkan bahwa model regresi signifikan (p < 0,001). Hasil uji t memperlihatkan bahwa PU (β = 0,475; p < 0,001) dan PEU (β = 0,342; p < 0,001) berpengaruh positif dan signifikan terhadap AU. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,627 menunjukkan bahwa 62,7% variabilitas penggunaan aktual LMS dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Temuan ini menegaskan pentingnya persepsi kemudahan dan kegunaan dalam keberhasilan implementasi LMS. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan efektivitas LMS melalui pengembangan fitur yang mudah digunakan dan relevan dengan kebutuhan pengguna.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-22

Terbitan

Bagian

Articles