Aplikasi  dan  Implikasi  Terkini  dari  Teknologi Antropometri  Digital  dalam  Lingkungan  Pendidikan  Untuk  Pembelajaran: Literature Review

Penulis

  • Lukman Handoko Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Penulis
  • Indri Santiasih Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Penulis
  • Didik Sukoco Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Penulis
  • Muhammad Rofiful Fathoni Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Penulis

Kata Kunci:

antropometri digital, pendidikan, realitas virtual, personalisasi pembelajaran, pemantauan kesehatan

Abstrak

Perkembangan teknologi digital, khususnya antropometri digital (pengukuran dimensi tubuh berbasis digital), telah membuka peluang inovasi dalam pendidikan. Studi ini mengeksplorasi aplikasi, manfaat, dan tantangannya melalui tinjauan literatur sistematis terhadap 34 artikel terpilih dari Scopus. Hasil menunjukkan bahwa teknologi ini diterapkan dalam desain berbantuan komputer, realitas virtual (VR), dan pemantauan kesehatan, dengan bukti peningkatan keterlibatan siswa dan akurasi pembelajaran melalui model 3D/VR. Alat seperti akselerometer dan timbangan digital juga mendukung penilaian kebugaran berbasis data objektif. Namun, tantangan seperti keterbatasan teknis, kesenjangan akses, dan isu etika perlu diatasi. Implikasi utama mencakup pentingnya integrasi kontekstual, pelatihan pendidik, dan pendekatan multifaset untuk optimalisasi manfaat. Studi ini menegaskan potensi antropometri digital sebagai alat pendidikan inovatif, dengan rekomendasi untuk penelitian lanjutan terkait standarisasi metrik, pemanfaatan AI, dan evaluasi jangka panjang. Temuan ini menjadi dasar bagi pengembangan praktik dan kebijakan yang lebih efektif.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-22

Terbitan

Bagian

Articles